Jumat, 06 April 2018

Daya Guna (Interaksi Manusia dan Komputer)





logo-amik.gif
AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER [AMIK] TRI DHARMA PALU

Tugas
Interaksi Manusia dan Komputer

Disusun Oleh:

     Oki Darmawan
        2016 2 014






           PEMBIMBING:
          Aco Lele,S.Kom.,MM







            PROGRAM DIPLOMA III (D-3)
    PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA
         DAN TEKNIK INFORMATIKA
            AMIK TRI DHARMA PALU
         2018




BAB V

DAYA GUNA
1.        Apa yang di maksud dengan Ineternational Organization for Standardization (ISO)..? serta jelaskan atribut daya guna menurut  ISO 1998 ?

Jawab:
Organisation internationale de normalisation) atau disingkat ISO adalah badan penetap standar internasional yang terdiri dari wakil-wakil dari badan standardisasi nasional setiap negara.
Didirikan pada 23 Februari 1947, ISO menetapkan standar-standar industrial dan komersial dunia. ISO merupakan lembaga nirlaba internasional, pada awalnya dibentuk untuk membuat dan memperkenalkan standardisasi internasional untuk apa saja. Standar yang sudah kita kenal antara lain standar jenis film fotografi, ukuran kartu telepon, kartu ATM Bank, ukuran dan ketebalan kertas dan lainnya.
Dalam menetapkan suatu standar tersebut mereka mengundang wakil anggotanya dari 130 negara untuk duduk dalam Komite Teknis (TC), Sub Komite (SC) dan Kelompok Kerja (WG). Peserta ISO termasuk satu badan standar nasional dari setiap negara dan perusahaan-perusahaan besar. Menurut ISO 1998, atribut daya guna terdiri dari:
a.       Efektivitas
ketelitian dan kelengkapan dimana user mencapai tujuan
b.      Efisiensi
sumber daya pembelajaran dalam hubungannya dengan ketelitian dan kelengkapan untuk user
c.       Kepuasan
bebas dari ketidak-nyamanan dan sikap positif dalam menggunakan produk.

2.    Sebutkan dan jelaskan 6 atribut daya guna!!

Jawab:

a.       Efektifitas
ketelitian dan kelengkapan dimana pengguna mencapai gol mereka
b.      Learnabilitas
mudah untuk dipelajari oleh user baru
c.       Efisiensi
steady-state / keadaan kemantapan penampilan pengguna ahli.
d.      Memorabilitas
mudah di dalam menggunakan sistem dan perintah-perintahnya mudah diingat.
e.       Kesalahan
tingkat kesalahan yang kecil.
f.       Kepuasan subjektif
bagaimana sistem nyaman digunakan.
3. Jelaskan pengertian Daya Guna Heuristik ? serta sebutkan prinsip-prinsip Daya Guna Heuristik.
            Jawab:
Daya guna heuristik merupakan prinsip atau panduan untuk merekayasa bentuk user interface, diantaranya adalah :
1.Dialog yang sederhana dan alami (simple and natural dialogue)
2.Berbicara dengan bahasa user(speak the user language)
3.Mengurangi beban ingatan user (minimize user memory load)
4.Konsisten(consistency)
5.Sistem timbal balik (system feedback)
6.Jalan keluar yang jelas (clearlymark exit)
7.Jalan pintas(shortcut)
8.Pesan- pesan kesalahan yang baik (good error message)
9.Mencegah kesalahan (prevent errors)
10.Bantuan dan dokumentasi (help and documentation)




BAB VI
PROSES DESAIN
1.  Menurut Anda, Mengapa dalam membuat desain interface membutuhkan desain yang universal ( diterima secara umum ) ?
            Jawab:
Menurut saya dalam mendesain suatu interface tentu saja harus dapat diterima secara umum karena sebelum kita mendesain suatu interface tentu saja kita harus bisa menjadi suatu user. Nah dari hal ini kita sebagai desainer akan mengerti apa saja yang di butuhkan oleh user pada umumnya. Jika suatu interfacenya bagus dan menarik maka terciptalah suatu userfriendly yang baik.

2.    Apa yang dimaksud dengan  jelaskan User-Centered Design (UCD) ? jelaskan.

Jawab:
User Centered Design (UCD)
UCD ( user Centered Design ) merupakan paradigma baru dalam pengembangan sistem berbasis web.  Perancangan berbasis pengguna (User Centered design = UCD) adalah istilah yang yang digunakan untuk untuk menggambarkan filosofi perancangan. Konsep dari UCD adalah user sebagai pusat dari proses pengembangan sistem, dan tujuan/sifat-sifat, konteks dan lingkungan sistem semua didasarkan dari pengalaman pengguna. 

3.  Sebutkan dan jelaskan Komponen Antarmuka.
Jawab:
a. Model pengguna : model konseptual yang diinginkan pengguna dalam memanipulasi informasi dan proses yang diaplikasikan pada informasi tersebut.
b. Bahasa perintah (command language) : peranti pemanipulasian model, idealnya dengan menggunakan bahasa alami.
c. Umpan balik : untuk memberi keyakinan bahwa program telah menerima perintah pengguna dan dapat memahami maksud perintah tersebut termasuk kemampuan sebuah program yang membantu pengguna untuk mengoperasian program itu sendiri.
d. Tampilan informasi : digunakan untuk menunjukkan status informasi atau program ketika pengguna melakukan suatu tindakan.




DAFTAR PUSTAKA
http://ikydejan.blogspot.co.id/2010/08/user-centered-design-ucd.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar