
![]() |
AKADEMI
MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER [AMIK] TRI DHARMA PALU
Tugas
Interaksi Manusia dan Komputer
Disusun Oleh:
Oki Darmawan
2016 2 014
PEMBIMBING:
Aco Lele,S.Kom.,MM
PROGRAM DIPLOMA III (D-3)
PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA
DAN TEKNIK INFORMATIKA
AMIK TRI DHARMA PALU
2018
BAB V
DAYA
GUNA
1.
Apa yang di maksud dengan Ineternational
Organization for Standardization (ISO)..? serta jelaskan atribut daya guna
menurut ISO 1998 ?
Jawab:
Organisation internationale de normalisation) atau
disingkat ISO adalah badan penetap standar internasional
yang terdiri dari wakil-wakil dari badan standardisasi nasional setiap
negara.
Didirikan pada 23 Februari 1947,
ISO menetapkan standar-standar industrial dan komersial dunia. ISO merupakan
lembaga nirlaba internasional,
pada awalnya dibentuk untuk membuat dan memperkenalkan standardisasi
internasional untuk apa saja. Standar yang sudah kita kenal antara lain standar
jenis film fotografi, ukuran kartu telepon, kartu ATM Bank,
ukuran dan ketebalan kertas dan lainnya.
Dalam menetapkan suatu standar tersebut mereka
mengundang wakil anggotanya dari 130 negara untuk duduk dalam Komite Teknis (TC),
Sub Komite (SC) dan Kelompok Kerja (WG). Peserta ISO termasuk satu badan
standar nasional dari setiap negara dan perusahaan-perusahaan besar. Menurut
ISO 1998, atribut daya guna terdiri dari:
a. Efektivitas
ketelitian dan kelengkapan dimana
user mencapai tujuan
b. Efisiensi
sumber daya pembelajaran dalam
hubungannya dengan ketelitian dan kelengkapan untuk user
c. Kepuasan
bebas dari ketidak-nyamanan dan
sikap positif dalam menggunakan produk.
2. Sebutkan
dan jelaskan 6 atribut daya guna!!
Jawab:
a. Efektifitas
ketelitian dan kelengkapan dimana
pengguna mencapai gol mereka
b. Learnabilitas
mudah untuk dipelajari oleh user
baru
c. Efisiensi
steady-state / keadaan kemantapan
penampilan pengguna ahli.
d. Memorabilitas
mudah di dalam menggunakan sistem
dan perintah-perintahnya mudah diingat.
e. Kesalahan
tingkat kesalahan yang kecil.
f. Kepuasan
subjektif
bagaimana sistem nyaman digunakan.
3. Jelaskan pengertian Daya Guna Heuristik ? serta
sebutkan prinsip-prinsip Daya Guna Heuristik.
Jawab:
Daya guna heuristik merupakan prinsip atau panduan
untuk merekayasa bentuk user interface, diantaranya adalah :
1.Dialog yang sederhana dan alami (simple and
natural dialogue)
2.Berbicara dengan bahasa user(speak the user
language)
3.Mengurangi beban ingatan user (minimize user
memory load)
4.Konsisten(consistency)
5.Sistem timbal balik (system feedback)
6.Jalan keluar yang jelas (clearlymark exit)
7.Jalan pintas(shortcut)
8.Pesan- pesan kesalahan yang baik (good error
message)
9.Mencegah kesalahan (prevent errors)
10.Bantuan dan dokumentasi (help and documentation)
BAB
VI
PROSES
DESAIN
1. Menurut
Anda, Mengapa dalam membuat desain interface membutuhkan desain yang universal
( diterima secara umum ) ?
Jawab:
Menurut saya dalam mendesain suatu interface tentu
saja harus dapat diterima secara umum karena sebelum kita mendesain suatu
interface tentu saja kita harus bisa menjadi suatu user. Nah dari hal ini kita
sebagai desainer akan mengerti apa saja yang di butuhkan oleh user pada
umumnya. Jika suatu interfacenya bagus dan menarik maka terciptalah suatu
userfriendly yang baik.
2. Apa
yang dimaksud dengan jelaskan
User-Centered Design (UCD) ? jelaskan.
Jawab:
User Centered Design (UCD)
UCD ( user Centered Design ) merupakan
paradigma baru dalam pengembangan sistem berbasis web. Perancangan
berbasis pengguna (User Centered design = UCD) adalah istilah yang yang
digunakan untuk untuk menggambarkan filosofi perancangan. Konsep dari UCD
adalah user sebagai pusat dari proses pengembangan sistem, dan
tujuan/sifat-sifat, konteks dan lingkungan sistem semua didasarkan dari
pengalaman pengguna.
3. Sebutkan
dan jelaskan Komponen Antarmuka.
Jawab:
a. Model pengguna : model konseptual yang
diinginkan pengguna dalam memanipulasi informasi dan proses yang diaplikasikan
pada informasi tersebut.
b. Bahasa perintah (command language) : peranti
pemanipulasian model, idealnya dengan menggunakan bahasa alami.
c. Umpan balik : untuk memberi keyakinan bahwa
program telah menerima perintah pengguna dan dapat memahami maksud perintah
tersebut termasuk kemampuan sebuah program yang membantu pengguna untuk
mengoperasian program itu sendiri.
d. Tampilan informasi : digunakan untuk menunjukkan
status informasi atau program ketika pengguna melakukan suatu tindakan.
DAFTAR PUSTAKA
http://ikydejan.blogspot.co.id/2010/08/user-centered-design-ucd.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar