Jumat, 23 Maret 2018

Tugas IMK Lengkap



logo-amik.gif

AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER [AMIK] TRI DHARMA PALU


Tugas Individu


INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

Disusun Oleh:



Oki Darmawan
    2016 2 014






           PEMBIMBING:
ACO LELE, S.Kom.,MM











            PROGRAM DIPLOMA III (D-3)
    PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA
         DAN TEKNIK INFORMATIKA
            AMIK TRI DHARMA PALU
         2018

SOAL: 

1.  Sebutkan perkembangan sistem operasi windows serta jelaskan kelebihan dan kekurangannya.
2.  Jelaskan dan Sebutkan Perangkat Input  Device, Procces Device dan Output Device.
3.  Jelaskan mengapa dalam perkembangan software pada saat ini membutuhkan semakin meningkatnya kebutuhan resource hardware?
4.  Apakah pengaruhnya perkembangan software dan hardware kepada interface user? Berikan contoh!
5.  Sebutkan perbedaan antara layar tampilan CRT dan LCD Screen?
6.  Jelaskan tentang posisi yang baik dalam menggunakan komputer yang berkaitan dengan aspek kenyamanan?
7.  Sebagai seorang programer, hal apa saja yang perlu anda perhatikan dalam membuat sebuah special purpose software?
8.  Bagaimanah cara pemilihan peralatan output yang baik yang berkaitan dengan aspek interaksi manusia dan komputer?
9.  Sekarang ini sudah dikenal pengenalan ucapan sebagai inputan untuk komputer, bagaimana konsep dari pengenalan ucapan ini?
10.  Sebutkan teknik pemilihan peralatan input yang baik?
11. Menurut Anda Apa yang di maksud dengan Ergonomi dalam interaksi manusia dan komputer ?



JAWAB:
1.      Sejarah dan perkembangan sistem operasi windows dari versi paling awal sampai sekarang  – Setiap hari kita menghabiskan waktu di depan layar komputer atau laptop, dan saat itu kita sering menggunakan salah satu aplikasi yang paling terkenal. Windows adalah salah satu aplikasi yang ada pada komputer, laptop atau notebook yang sangat membantu manusia. Windows adalah sistem operasi yang dibuat oleh Microsoft. Penemu Windows untuk pertama kalinya adalah dua orang yang saling bersahabat sejak kecil yaitu Bill Gates dan Paul Allen. Sejak penemu Windows ini, Windows kini mengalami perkembangan dari versi yang satu ke versi lainnya dengan kualitas yang semakin ditingkatkan.

a.    Windows 1.0
Sistem operasi Windows 1.0 dikeluarkan pada tanggal 20 November 1985 dan diresmikan pertama kali pada tanggal 10 November 1983 yang dijuluki dengan Windows Graphic Environment 1.0. Windows 1.0 bukanlah sebuah sistem operasi yang lengkap, namun hanya memperluas kemampuan MS-DOS dengan tambahan antarmuka grafis berbasis 16-bit. Windows 1.0 juga memiliki masalah dan kelemahan sama yang dimiliki oleh MS-DOS. Selain itu, Apple yang menuntut Microsoft membuat Microsoft membatasi kemampuannya. Sebagai contoh, jendela-jendela di dalam Windows 1.0 hanya dapat ditampilkan di layar secara “tile” saja, sehingga jendela tersebut tidak dapat saling menimpa satu sama lainnya. Tentu saja, Windows 1.0 memiliki cukup banyak kekurangan sehingga belum begitu dikenal di masyarakat.
1.0.jpg















Gambar Tampilan  Windows 1.0
-          Kelebihan dari Windows 1.x dapat mendukung sistem  multitasking dan dapat menjalankan lebih dari 1 program secara bersamaan dan  Juga didukung dengan MS.DOS Prompt langsung dari windows sehingga user tidak perlu keluar dari windows untuk mengaktifkan program DOS.
-          Windows 1.0 memiliki kekurangan fungsionalitas sehingga kurang Terkenal di pasaran, dan memiliki kelemahan hampir sama dengan Ms.DOS

b.      Windows 2.0
2.0.jpgWindows 2.0 mendapatkan keuntungan, karena dapat menggunakan prosesor terbaru pada tahun itu, yaitu Intel 286 Prosesor, memory yang lebih besar, dan fitur komunikasi antar aplikasi dengan menggunakan Dynamic Data Exchange (DDE). Dengan peningkatan dukungan grafis, pengguna sekarang dapat mengatur besar kecil ukuran jendela dan penambahan dukungan untuk keyboard. Jadinya, kita dapat menggunakan Windows dengan hanya berbekal keyboard dan juga dukungan Keyboard Shortcut. Windows 2.0 sendiri di luncurkan pada tanggal 9 Desember 1987. Lalu, rilis selanjutnya yaitu Windows 2.1 sampai Windows 2.03, menambah fitur yaitu Protected Mode dan penggunaan memory yang lebih besar pada prosesor Intel 386.















Gambar Tampilan Windows 2.0
-          Kelebihan adalah windows 2.x ini lebih dikenal karena kedekatannya dengan aplikasi grafis buatan Microsoft, Microsoft Excel for Windows dan Microsoft Word for Windows. Aplikasi-aplikasi Windows dapat dijalankan dari MS-DOS, untuk kemudian memasuki Windows untuk melakukan operasinya, dan akan keluar dengan sendirinya saat aplikasi tersebut ditutup.
-          Kekurangannya tingkat keamanannya kurang, hanya mampu mengakses memori hingga 1 Megabyte saja dan sebagainya.

c.       Windows 3.0
Windows 3.0 dirilis pada tanggal 22 Mei 1990. Windows 3.0 memiliki kemampuan dukungan kartu grafis SVGA atau XGA dan juga icon. Microsoft menyediakan SDK (Software Development Kit) sehingga para developer piranti lunak dapat mengembangkan aplikasi agar mampu berjalan di Windows 3.0 ini. Sistem ini mengenalkan Virtual Device Driver (VXD) yang berguna untuk meminimalisasi ketergantungan setiap driver pada perangkat keras tertentu. Sistem ini berevolusi menjadi Windows 3.1 yang mengenalkan fitur Multimedia dan True Type Font. Sistem ini memudahkan End-User karena adanya fitur Drag and Drop. Windows versi 3.0 ini berkembang menjadi Windows 3.11 yang mendukung aplikasi NetWorking.sejarah-windows-3.1.jpg
Gambar Tampilan Windows 3.0
-          Kelebihan ialah dapat mendukung Perangkat kartu grafis VGA, SVGA dan XGA, lebih banyak icon dan GUI lebih Halus dari Windows 2.x
-          Kekurangannya

d.      Windows 95
Windows 95 yang memiliki nama kode Chicago dalam masa pengembangan dirilis tanggal 24 Agustus 1995. Windows 95 sudah terintegrasi dengan 32-bit TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) dan sudah mendukung jaringan Internet, dial-up networking, dan dukungan Plug and Play, dimana kita bisa menginstall Device dengan hanya mencolok kabel hardwarenya. Versi 32 bit dari Windows 95 terdapat peningkatan kapabilitas multiedia, fitur yang lebih kaya untuk mobile computing, dan Networking yang sudah diintegrasikan.
95.jpg
Gambar Tampilan Windows 95
-          Kelebihannya adalah mampu menyimpan file dalam bentuk Table, kinerjanya lebih cepat memiliki windows explorer untuk browsing.
-          Kekurangannya ialah sering terjadi blue screen, sistem kurang stabil dan tampilannya kurang menarik.





e.       Windows 98
Pada 25 Juni 1998, Microsoft merilis sebuah sistem operasi Windows baru, yang dikenal sebagai Windows 98. Windows 98 dianggap sebagai revisi minor terhadap Windows 95, tapi secara umum dilihat jauh lebih stabil dan dapat diandalkan dibandingkan dengan pendahulunya, Windows 95. Windows 98 mencakup banyak driver perangkat keras baru dan dukungan sistem berkas FAT32 yang lebih baik yang mengizinkan partisi untuk memiliki kapasitas lebih besar dari 2 gigabyte, sebuah batasan yang terdapat di dalam Windows 95.
sejarah-windows-98.jpgDukungan USB di dalam Windows 98 pun juga jauh lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya. Dengan kehadiran Windows 98 mengundang banyak kontriversi saat Microsoft memasukkan penjelajah web Microsoft Internet Explorer ke dalam sistem operasi dan tidak dapat dicabut, sehingga menjadikan Windows Explorer dan GUI Windows mampu menampilkan direktori seolah-olah halaman web.
















Gambar tampilan windows 98
-          Kelebihannya adalah Bugs Windows 98 semakin sedikit,  dan komputer yang menggunakan sistem ini sedikit sehingga jarang blank, dukungan lebih baik bagi device baru seperti USB, DVD, dll.
-          Kekurangannya adalah lebih boros memori dan penyimpanan harddisk dari pada windows 95

f.       Windows 2000
Windows 2000 termasuk kedalam keluarga Windows NT. Dirilis pada 17 February 2000, Windows 2000 ini khusus dibuat untuk kalangan bisnis. Ada versu Professional, Server, Advanced Server dan Datacenter Server. Untuk pengguna rumahan, Windows merilis Windows ME beberapa bulan kemudian. Fitur-fitur baru yang diadopsi dari Windows 98 juga ditanamkan di dalamnya, seperti Device Manager yang telah ditingkatkan (dengan menggunakan Microsoft Management Console), Windows Media Player, dan DirectX 6.1 (yang memungkinkan sistem operasi berbasis kernel Windows NT untuk menjalankan game).
sejarah-os-windows-2000.jpg
Gambar Tampilan Windows 2000
-          Kelebihan  kecepatan akses lebih cepat, mudah dalam konfigurasi dan penginstallan.
-          Kekurangannya adalah Biaya operasi lebih mahal, tingkat keamanan yang rendah, server sering mengalami gangguan

g.      Windows ME (Millennium Edition)
Sesuai dengan namanya, Windows ME ini dirilis pada 14 September tahun 2000 yang sering disebut sebagai tahun milenium. Dibandingkan dengan Windows 98, Windows ME memiliki boot time yang jauh lebih cepat. Di Windows inilah pertama kali ada fitur System Restore untuk merestore PC ke titik tertentu jika mengalami permasalahan. Namun demikian, banyak yang menganggap bahwa Windows ME ini adalah produk gagal yang memiliki banyak masalah. Keberadaan Windows ME ini pun segera digantikan oleh Windows NT Family lainnya ( XP, Vista, 7, dan Windows 8).
ME.jpg
Gambar Tampilan Windows ME
h.      Windows XP
Pada tahun 2001, Microsoft memperkenalkan Windows XP (yang memiliki nama kode “Whistler” selama pengembangan. Akhirnya, setelah merilis beberapa versi Windows berbasis Windows 9x dan NT, Microsoft berhasil menyatukan kedua jajaran produk tersebut. Windows XP menggunakan kernel Windows NT 5.1, sehingga menjadikan kernel Windows NT yang terkenal dengan kestabilannya memasuki pasar konsumen rumahan, untuk menggantikan produk Windows 9x yang berbasis 16/32-bit yang sudah menua. Windows XP merupakan versi sistem operasi Windows yang paling lama (paling tidak hingga saat ini), karena memang berkisar dari tahun 2001 hingga tahun 2007, saat Windows Vista dirilis ke konsumen. Jajaran sistem operasi Windows XP akhirnya diteruskan oleh Windows Vista pada 30 Januari 2007.
xp.png
Gambar Tampilan Windows XP
-           Kelebihannya lebih stabil dan lebih cepat saat booting, Menu Tools Banyak sehingga mempermudah user dll.
-          Kekurangannya beresiko kehilangan data karena Secure center kurang maksimal, firewallnya terlalu lama di akses.

i.        Windows Vista
Tanggal 30 November 2006, Microsoft meluncurkan versi baru Windows untuk pengguna rumahan dan kalangan bisnis pada tanggal 30 Januari 2007 dengan nama Windows Vista. Fitur-fitur pada Windows Vista perubahannya boleh dikatakan radikal, terutama pada bagian user-interface. Kemampuan sekuritas juga ditambahkan oleh Microsoft, sehingga Microsoft megklaim versi terbarunya ini lebih stabil,aman, dan memanjakan pengguna computer ( walaupun menurut banyak orang hal-hal tersebut sudah ada pada Windows XP).
vista.jpg
Gambar Tampilan Windows Vista

j.        Windows 7
w 7.pngRilis selanjutnya setelah Windows Vista adalah Windows 7, yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Blackcomb dan Vienna. Saat pertama kali dirilis, Windows ini memiliki kernel NT versi 6.1 build 7600, yaitu perbaikan dari Windows Vista dimana saat rilis pertama memiliki kernel NT 6.0 build 6000. Windows 7 yang dirilis pada tanggal 22 Oktober 2009 ini memiliki keamanan dan fitur yang baru, diantaranya adalah: Jump List, Taskbar yang membuka program dengan tampilan kecil, Windows Media Player 12, Internet Explorer 8, dan lain-lain. Beberapa fitur yang unik adalah Sidebar yang berganti nama menjadi Gadget dan bebas ditaruh kemana-mana pada desktop (tidak seperti Sidebar yang hanya bisa diletakkan di tempat tertentu). Fitur itu membuat Windows 7 menjadi menarik.
















Gambar Tampilan Windows 7
-          Kelebihannya adalah lebih Stabil dan cepat, mudah menemukam software yang mendukung, multi medianya lebih lengkap dll.
-          Kekurangannya ialah rentan terhadap virus, kompatibilitas dengan hardware baru terbatas, cepat melambat, update yang mengganggu dll.

k.      Windows 8
Windows 8 adalah versi selanjutnya dari Microsoft Windows, serangkaian sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tablet PC, server, dan PC pusat media. Salah satu metode untuk mencapai hal tersebut adalah dengan mengurangi beban pemakaian RAM di dalam Operating System. Penghematan penggunaan RAM di Windows 8 dipastikan dapat secara signifikan memperpanjang penggunaan PC yang memakai baterai (laptop ataupun tablet PC) karena RAM merupakan salah satu komponen di komputer yang paling banyak memakai arus listrik.
w 8.png
Gambar Tampilan Windows 8
-          Kelebihannya adalah penampilan lebih dinamis, sistem pencarian data lebih Universal, kemudahan aplikasi pendukung dll.
-          Kekurangannya Tidak ada tombol start pada screen dan tidak ada tombol close x, banyak file dan aplikasi tersembunyi.

l.        Windows 10
Windows sengaja tidak mengeluarkan versi windows 9 dikarenakan para users akan menganggap windows 9 yang dipakai adalah windows 95 atau windows 98 karena berawalan 9, jika itu terus dipakai akan berbahaya. Maka dengan itu Windows langsung memproduksi windows 10 untuk menggantikan windows 9 yang tidak boleh diproduksi. Windows ini adalah versi terbaru dari semua software windows dengan segala kecanggihannya membuat satu dari sekian software Operating System ini banyak digandrungi oleh masyarakat, simpel, menarik, dan canggih.
w 10.png
Gambar tampilan Windows 10
-          Kelebihannya ialah fiturnya lebih modern,powerful untuk gaming, peningkatan dekstop eksperience, lebih aman, praktis dan dapat beralih ke tablet mode.
-          Kekurangannya adalah terlalusering update, boros kuota internet dan tidak pernah final.
-           
2.1 Perangkat Input Device
Input device adalah suatu unit yang berfungsi sebagai suatu media untuk memasukkan data dari luar komputer ke dalam prosesor atau memory untuk diolah menjadi suatu informasi yang diperlukan. Melalui gambaran umum yang kami tuliskan diatas, kita dapat mengetahui makna dan kegunaan dari input device itu sendiri. Input device / alat masukan memasukkan data berupa signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program digunakkan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi, input device selain digunakan untuk memasukkan data, dapat pula digunakan untuk memasukkan program.
Berikut adalah Jenis-jenis dari perangkat Input Device:
-          Keyboard
Penciptaan keyboard komputer di ilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya di buat dan di patenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington.
Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu berlubang (punched card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan alat untuk membaca kartu berlubang (punched card reader) sebagai alat input dan output.
Keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tuts. Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf A – Z, a – z, angka 0 - 9, tombol dan karakter khusus seperti: ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = <> /, .?: ; “ ‘ \ | serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tuts. Sedangkan pada mesin ketik biasa jumlah tutsnya hanya 52 tuts. Bentuk keyboard umumnya persegi panjang, tetapi saat ini model keyboard sangat variatif.

-          Mouse
Merupakan perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan data dengan cara menekan tombol klik. Pada mouse secara umun terdiri dari dua tombol eksekusi dan satu scroll. Pada layar monitor akan tampak lambang mouse yang disebut dengan pointer. Mouse biasanya digunakan di atas permukaan yang rata. dan biasanya para user menggunakan mouse pad sebagai alas dalam menggunakan mouse. Apabila mouse digerakkan ke sebelah kanan, secara otomatis pointer akan bergerak ke kanan. Begitu juga sebaliknya.
Ada tiga jenis tipe mouse yaitu:
a. Mouse mekanis
Mouse yang pertama kali muncul ini menggunakan sebuah bola untuk mengontrol pergerakan pointer. Bola mouse bentuknya kecil dan terletak pada bagian bawah mouse. Jika kita membuka dan mengeluarkan bola kecil yang terdapat di belakang mouse, maka akan terlihat 2 pengendali gerak di dalamnya. Kedua pengendali gerak tersebut dapat bergerak bebas dan mengendalikan pergerakan pointer, yang satu searah horizontal (mendatar) dan satu lagi vertikal (atas dan bawah).
Jika pengendali horisontal digerakkan, maka pointer hanya akan bergerak secara horizontal saja pada layar monitor komputer. Dan sebaliknya jika pengendali vertikal yang digerakkan, maka pointer hanya bergerak secara vertikal saja dilayar monitor. Jika keduanya kita gerakkan maka gerakan pointer akan menjadi diagonal. Nah, jika bola kecil dimasukkan kembali, maka bola itu akan menyentuh dan menggerakkan kedua pengendali gerak tersebut sesuai dengan arah mouse yang kita gerakkan.
b. Mouse optic
Mouse Optic
Seiring dengan perkembangan teknologi mouse, maka ditemukan beberapa kelemahan ketika menggunakan mouse biasa, di antaranya adalah: bola mouse macet, sehingga sulit digerakan, alas mouse yang tak rata menyebabkan pergerakan mouse menjadi terhambat, penutup bola mouse kadangkala terlepas yang mengakibatkan bola lepas dan debu masuk ke dalam mouse dan menyebabkan pengendali gerak sulit digerakkan. Kemudian diciptakan mouse menggunakan sinar infra merah (infra red) yang digunakan sebagai sensor. Mouse ini sudah tidak menggunakan bola lagi untuk menggerakkan pointer.
c. Mouse wireless
Untuk mengatasi kendala panjang kabel yang terbatas, maka teknologi wireless menjadi jawabannya. Ketika pada awalnya, pergerakan mouse terbatas oleh panjang kabel, maka setelah muncul wireless mouse dapat digerakkan lebih bebas asalkan masih dalam jangkauan sensor mouse.
Perintah input data pada mouse antara lain klik kanan, klik kiri, drag, drop dan scrolling. Klik kiri secara umum digunakan sebagai tombol utama eksekusi. Klik kanan digunakan untuk mengeluarkan menu-menu tertentu. Drag artinya menggeser objek pada layar monitor dengan cara menekan klik kiri dengan menahan beberapa saat disertai gerakan menggeser mouse. Drop adalah proses meletakkan objek setelah drag. Sedangkan scrolling adalah gerakan menggulung menggunakan tombol scroll.

-          Touchpad
Digunakan sebagai pengganti mouse. Dan fungsinya juga sama seperti mouse, yaitu untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Alat masukkan ini biasanya terdapat pada laptop dan notebook. Sedangkan penggunaannya menggunakan sentuhan jari. Selain touchpad, masih terdapat alat masukkan yang sejenis dengan mouse yaitu pointing stick dan trackbal.

-          Light pen
Light pen adalah: alat masukan yang berfungsi sebagai pointer elektronik, digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar, langsung diatas screen (monitor). Cara kerja light pen adalah sensor yang terdapat didalam light pen mengirimkan sinyal cahaya ke komputer dan kemudian cahaya tersebut direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
  
-          Digital kamera
 Sekarang ini, teknologi telah berkembang dengan begitu pesatnya, hal itu dapat dibuktikan dengan telah hadirnya digital camera. Digital camera adalah alat masukan yang dapat digunakan untuk memasukan data berupa gambar. Digital camera dapat mengambil dan merekam gambar statis (diam atau tidak bergerak), maupun gambar dinamis (bergerak) seperti video dengan ukuran relatif cukup besar. Dan kemudian dapat dimasukan ke dalam komputer, sehingga gambar tersebut dapat diolah sesuai kebutuhan dan disimpan dalam media penyimpanan.

-          Graphics pads
Graphics pads adalah: alat masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pad digunakan dalam teknologi computer aided design (CAD) untuk membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, pesawat, dan lain-lain.
-          Barcode
Barcode adalah: alat masukan yang digunakan untuk membaca kode yang berbentuk garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, dan produk lainnya. Barcode digunakan setiap kasir di toko, dan supermarket untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya.
Fungsi alat ini adalah untuk menyimpan suatu kode yang berbentuk garis - tebal vertikal yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Tapi, sekarang di negara-negara maju, barcode sudah digantikan oleh QR Code yang dapat menyimpan jumlah kode lebih banyak dan lebih besar daripada barcode [Baca: QR Code].
Bar code adalah pola garis-garis hitam putih yang umum dijumpai pada barang-barang yang dijual di toko-toko swalayan untuk mempercepat proses pemasukan data transaksi penjualan.Bar code di baca dengan alat yang disebut Bar Code Reader yang berupa semacam scanner foto elektris yang dapat mengonversi data Bar Code menjadi sinyal digital.

-          Joystick
Joystick adalah: merupakan alat masukan yang dibuat dan di design untuk digunakan dalam permainan atau games komputer. Joy Stick mempunyai bentuk seperti tongkat dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam permainan atau games komputer tersebut, dan terbuat dari plastik.
-          Touch Screen
Peranti penunujuk berupa monitor yang telah dibuat sangat peka sehingga memungkinkan pemakai untuk menunjuk dan menyentuh suatu gambar di layer secar langsung guna mengaktifkan suatu perintah. Layar sentuh ini biasanya terbungkus oleh plastik dan di belakangnya terdapat sinar inframerah yang tak terlihat. Lokasi sinar inframerah yang terputus oleh tekanan jari inilah yang memberitahu computer tentang lokasi perintah yanag dikehendaki pemakai.
-          Microphone
Mikrofon Input device ini berfungsi untuk memasukkan data berupa suara yang akan disimpan di dalam memori komputer. Penggunaan mikrofon harus didukung oleh hardware lain seperti soundcard dan speaker.
Prinsip kerja mikropon sebenarnya adalah pengubahan variasi tekanan udara karena adanya suara, menjadi variasi isyarat listrik.

-          Pembaca Sidik Jari ( Fingerprint reader )
Adalah peranti yang digunakan untuk membaca sidik jari seseorang.hasil pembacaan berupa data gambar yang menyatakan bentuk sidik jari seseorang.Perangkat ini dapat dijadikan sebagai alat untuk menangani kehadiran pegawai atau untuk memasuki tempat-tempat yang bersifat rahasia dan diakses secara otomatis.Dalam hal ini, sidik jari berlaku sebagai identitas seseorang.

-          Optical Mark Recognition ( OMR )
Adalah peranti yang dapat membaca blok tulisan pensil dan mengubahnya menjadi bentuk yang dapat digunakan oleh komputer.Peranti ini membaca masukan dengan batuan refleksi optis, dengan mengenali ketebalan tulisan.Contoh pemanfaatnnya adalah pada tes-tes penerimaan mahasiswa baru.
Keuntungan pemanfaatan OMR selain dalam kecepatan memproses juga dalam ketelitian karena terhindar dari kesalahan manusia dalam mengoreksi.
-          Optical Character Recognition (OCR)
Adalah peranti yang dapat membaca teks dan mengkonversikannya ke dalam kode digital yang nantinya diproses oleh komputer. Sistem OCR terdiri atas perangkat keras dan perangkat lunak pemanipulasi data. Pengembangan lebih lanjut memungkinkan adanya peranti yang dapat membantu menerjemahkan teks membantu orang yang tak dapat membaca dengan mengubah teks menjadi suara, membaca cerita untuk anak-anak, memasukkan data dari teks di majalah ke memori atau ke tempat kursor di pengolah kata, merekam alamat, mencatat secara langsung hal-hal penting, dan merekam naskah untuk keperluan perpustakaan.

-          Webcam
Perkembangan teknologi memungkinkan orang dapat berkomunikasi sambil melihat lawan bicaranya. Salah satu perangkat yang membantu hal tersebut adalah webcam. Dengan web camera (webcam), seseorang bisa berkomunikasi atau chatting sambil melihat lawan bicaranya.
Webcam adalah kamera kecil yang dapat dipasang pada bagian atas monitor komputer dan dapat menangkap video serta gambar, kemudian langsung menyimpannya dalam hard drive komputer kita.

-          Scanner
Scanner adalah: alat masukan yang dapat menyalin atau meng-copy gambar atau teks yang kemudian hasilnya langsung dtampilkan melalui monitor komputer dan selanjutnya gambar atau teks tersebut dapat ditambah, ditambah, dimodifikasi sesuai keinginan pengguna, dan dapat disimpan ke dalam harddisk dan media penyimpanan lainnya, dalam format file teks, dokumen, dan gambar. Jika dilihat dari segi fungsinya scanner ini mirip seperti mesin fotocopy. Perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya langsung dicetak pada kertas sesuai aslinya, tidak dapat ditambah, dikurangi, dimodifikasi dan tidak dapat disimpan dalam media penyimpanan. Sedangkan scanner hasilnya langsung ditampilkan melalui monitor, dan hasil tersebut dapat dilakukan perbaikan atau modifikasi dan dapat disimpan dalam media penyimpanan.

-          Peranti sensor
Adalah peranti yang dapat mengambil data langsung dari lingkungan.Contoh pemanfaatanya yaitu pada pendeteksi gunung berapi, detector kecepatan laju kendaraan di jalan raya, pada pesawat untuk mendeteksi perubahan angin ynag mendadak, pada kedokteran untuk mengukur suhu badan, dan juga untuk pengontrolan pada rumah tangga misal, Hawkeye yang dapat memantau kehadiran orang melalui panas badan dan gerakan.

-          Camcoder
Kamera video atau sering disebut dengan video camera recorder atau camcorder digunakan untuk merekam citra yang bergerak. Camcorder adalah alat perekam elektronik portable yang mempunyai kemampuan video live-motion dan audio untuk kemudian dimainkan di Video Cassete Recorder (VCR), TV, dan Komputer.Camcorder dapat dikategorikan sebagai alat input.

-          Touchtone (Dual Tone Multi Frequenty)
Adalah peranti yang dapat menerima masukan yang berasal dari telepon untuk memasukan informasi atau perintah. Contoh pemanfaatan touchtone yaitu untuk membentuk fasilitas layanan informasi saldo rekening pada bank, pada registrasi mahasiswa, pada activehome yang menggunakan media telepon untuk mengendalikan berbagai fasilitas dalam rumah.

2.2 Perangkat Process Device
Process Device pada komputer adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memproses dan mengolah data yang diberikan oleh peralatan input kemudian di keluarkan dalam bentuk informasi ke dalam peralatan output yang akan diterima oleh manusia. Peralatan proses terdiri dari beberapa komponen perangkat keras komputer yang saling berhubungan satu sama lain.
Berikut adalah contohnya:
-          CPU (Central Processing Unit)
adalah unsur yang paling penting dari sebuah sistem komputer. Pada mesin besar, CPU memerlukan satu atau lebih papan sirkuit tercetak. Pada komputer pribadi dan workstation kecil, CPU ditempatkan dalam sebuah chip tunggal yang disebut mikroprosesor.

-          Motherboard
Motherboard adalah Pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang padanya. Mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC. Lalu lintas data semuanya diatur oleh motherboard, mulai dari peranti peyimpanan (harddisk, CD-ROM), peranti masukan data (keyboard, mouse, scanner), atau printer untuk mencetak.

-          RAM
RAM adalah Memori penyimpanan sementara yang bersifat acak, biasanya disebut juga dengan memory kerja. Pada memory ini karena disimpan sementara (volatile), maka apabila komputer tidak mendapatkan daya (off), maka data yang disimpan pada memori ini akan hilang.

-          ROM
 ROM adalah Memori yang hanya dapat dibaca. ROM dapat dibaca tapi tidak dapat diperbaharui. Biasanya ROM dipakai untuk menyebutkan bagian-bagian elektronik tertentu dlam suatu komputer. Disk non alterable seperti CD-ROM merupakan suatu jenis penyimpanan yang hanya bisa dibaca. Read Only Memory bersifat non-volatile dan tidak hilang meskipun power dimatikan.
-          Memory
Memory adalah Sebuah alat yang di gunakan untuk menyimpan data sementara saja, Memori merupakan bagian dari komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang harus diatur dan dijaga sebaik-baiknya.

-          VGA
VGA Card adalah untuk mengolah data graphis dan ditampilkan di layar monitor, VGA juga memiliki processor yang dinamakan GPU(Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memory juga.

-          LAN Card 
LAN Card adalah kartu yang dipasang pada mainboard sebagai alat penghubung komputer dalam suatu jaringan / network. Pengertian Ethernet merupakan jenis skenario perkabelan dan pemrosesan sinyal untuk data jaringan.

-          CMOS
CMOS adalah suatu memory yang khusus yang berisi data vital mengenai konfigurasi komputer dan bersifat semi-permanen.CMOS memerlukan daya yang sangat kecil untuk mempertahankan kontennya, dan chip ini memanfaatkan baterai sebagai sumber daya listriknya.

-          Hard Disk
Hard Disk adalah Untuk menyimpan data sementara maupun sementara. Harddisk me rupakan ruang simpan utama dalam sebuah computer. Di situlah seluruh sistem operasi dan mekanisme kerja kantor dijalankan, setiap data dan informasi disimpan.

-          Floppy Disk
Floppy Disk adalah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur, dilapisi lapisan persegi yang berbentuk persegi atau persegi panjang.

-          DVD ROM
DVD ROM adalah Perangkat komputer yang berfungsi sebagai pembaca data pada DVD. Perangkat ini memiliki bentuk fisik sama persis seperti CD ROM Drive, akan tetapi memiliki fungsi yang berbeda.

-          Power Supply
Power Supply adalah sebuah perangkat yang ada di dalam CPU yang berfungsi untuk menyalurkan arus listrik ke berbagai peralatan computer. 

2.3 Perangkat output Device
    Output Device, adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran, apakah itu ke kertas (hardcopy), ke layar monitor (softcopy) atau keluaran berupa suara. Contohnya printer, speaker, plotter, monitor dan banyak yang lainnya.
Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa prinsip kerja komputer tersebut diawali memasukkan data dari perangkat input, lalu data tersebut diolah sedemikian rupa oleh CPU sesuai yang kita inginkan dan data yang telah diolah tadi disimpan dalam memori komputer atau disk. Data yang disimpan dapat kita lihat hasilnya melalui perangkat keluaran.
Berikut adalah contohnya:
-          Monitor
 Layar monitor juga disebut computer display, visual display unit, atau monitor saja. Monitor adalah peralatan yang berfungsi menampilkan gambar-gambar yang bisa dilihat, yang dihasilkan oleh komputer tanpa merekamnya.

-          Printer
Printer atau pencetak adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari tray.
Tray ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau toner adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau toner yang digunakan untuk menulis pada kertas.
Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan sistem; toner atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print-head printer tersebut.
Ada pula kabel fleksibel untuk pengiriman sinyal dari prosesor printer ke tinta atau toner. Kabel ini tipis dan fleksibel, namun kuat. Pada bagian belakang printer biasanya ada port paralel atau USB untuk penghubung ke komputer.
Pencetak modem merupakan alat canggih. Perkakasan elektronik yang terdapat dalam sebuah pencetak sama dengan perkakasan elektronik yang terdapat dalam komputer itu sendiri. Pencetak mempunyai 6 jenis yaitu jenis Dot-Matrix, jenis Daisy Wheel, jenis Ink-Jet / jenis Bubble Jet, jenis Chain, jenis Drum dan jenis Laser.

-          Speaker
Fungsi speaker pada komputer sama dengan fungsi speaker pada perangkat audio sistem. Yang membedakan secara garis besar hanyalah pada ukurannya. Speaker pada komputer dibuat seefisien mungkin agar tidak terlalu memerlukan banyak tempat. Namun pada pengguna tertentu terkadang menghubungkan output sound mereka pada perangkat speaker lainnya untuk lebih memberikan kepuasan yang lebih.

-        Plotter
Plotter secara prinsip memiliki fungsi yang sama dengan printer. Yang membedakan secara umum adalah ukuran dan peruntukan dari plotter tersebut. Plotter mampu mencetak pada kertas dengan ukuran A0, dan biasanya digunakan untuk mencetak peta dan gambar ukuran besar lainnya.
Plotter juga mengalami perkembangan yang cukup pesat, yang dimulai hanya dengan menggunakan pena sebagai alat cetak, hingga saat ini telah menggunakan inkjet dan bubuk tinta (Laserjet)
3. Software sangat berpengaruh terhadap resource hardware. Tindakan Tersebut kemungkinan dilakukan oleh pihak Produsen untuk mendorong konsumen atau pengguna lebih memanfaatkan hardware edisi terbaru.
4.  pengaruh software dan hardware bagi interface user salah satu contohnya ialah yang pernah terjadi pada windows 7, salah satu kelebihan windows 7 adalah mudah dalam penginstalan software namun hal tersebut juga yang menjadi kelemahanya. Mudah menginstal software sama dengan cepat melambat dalam proses karna menyebabkan processor dipaksakan harus bekerja dengan cepat, tentu saja hal ini menimbulkan pengaruh negatif terhadap kepuasan dalam interface user.
5. Perbandingan Kelebihan dan kekurangan monitor jenis CRT ataupun LCD adalah sebagai berikut:
-   Ukuran fisik
Ukuran fisik monitor CRT jauh lebih besar, karena memerlukan ruang untuk tabung CRT. Ukuran LCD lebih ramping sehingga sesuai untuk tempat yang terbatas atau untuk laptop.
-          Warna
Awalnya, warna monitor LCD hanya ratusan hingga ribuan jenis, sedang CRT sudah mencapai jutaan. Namun, LCD-LCD jenis baru telah dapat memproduksi warna yang tak terbatas sehingga tampilan lebih halus
-          Resolusi
Umumnya monitor CRT dapat menampilkan berbagai variasi resolusi, sedangkan monitor LCD hanya memiliki satu resolusi native, yaitu resolusi di mana tampilan yang dihasilkan mempunyai gambar paling jelas. Keadaan ini merupakan resolusi LCD tertinggi yang dapat dijangkaunya.
-          Kecerahan
Pada CRT kecerahan gambar tidak menjadi masalah. Pada LCD, mengingat pancaran cahaya dilakukan dari belakang, LCD memiliki level kecerahan yang berbeda dengan CRT. Ukuran kecerahan LCD biasanya dinyatakan dalam satuan nits, yaitu berkisar antara 70-250 nits. Semakin tinggi nilai nits, maka semakin cerah tampilan gambarnya.
-          sudut Penglihatan
Dibandingkan dengan CRT, monitor LCD memiliki sudut penglihatan yang lebih kecil, sehingga warna yang muncul bisa berubah jika  dilihat dari samping atau bahkan tidak terlihat sama sekali. Namun monitor LCD dewasa ini telah memiliki sudut pandang yang lebih luas lagi
-          Pemakaian Daya dan Emisi Radiasi
LCD hanya memerlukan daya listrik yang kecil untuk pengoperasiannya dan tidak mengeluarkan emisi radiasi yang berbahaya jika dibandingkan dengan monitor CRT. Rata-rata monitor komputer memerlukan daya listrik 110 watt, sedangkan LCD memerlukan sekitar 30 hingga 40 watt.
-          Harga
Monitor LCD lebih mahal dibandingkan dengan jenis CRT.



6. Posisi nyaman dalam menggunakan komputer:
-     Posisi duduk
Posisi duduk yang baik ketika menggunakan komputer adalah posisi punggung yang tegak lurus ke atas namun tidak terlalu kaku, posisi kaki dapat menyanggah lantai, Siku dan Lutut membentuk sudut 90 derajat, Keyboard sama tinggi dengan siku agar gerakan tangan dan jemari dapat mengurangi ketegangan otot dan persendian
-           Posisi kepala dan leher
posisi kepala dan leher harus tegak dengan wajah melihat langsung kelayar monitor. Posisis kepala menghadap ke layar dengan jarak yang ideal adalah 50 cm dari monitor. kemudian posisi eher tidak boleh mengadah atau membungkuk karena hal ini dapat menyebabkan sakit pada leher.
-          Posisi Pundak dan punggung
Posisi pundak yang baik adalah posisi pundak yang tidak terlalu terangkat dan tidak terlalu ke bawah. Bila otot-otot di bahu masih tegang, ini berarti posisi pundak belum benar dan  Untuk memperoleh posisi punggung yang baik, sebaiknya dibarengi dengan penggunaan tempat duduk yang baik dan nyaman.
-          Posisi lengan dan siku
posisi lengan yang baik terjadi bila tangan berada disamping badan, dan siku membentuk sudut yang lebih besar dari 90 derajat.
-          Posisi kaki
kaki harus dapat diletakan di lantai atau sandaran kaki atau atau pijakan kaki yang stabil dengan seluruh tapak kaki menyentuh lantai dan siku yang membentuk sudut lebih dari 90 derajat.
-          Pandangan mata
Bekerja didepan komputer secara terus-menerus akan membuat mata cepat lelah, untuk mencegahnya dapat dilakukan dengan sering mengedipkan mata sehingga permukaan mata tetap basah dan tidak kering serta mengistirahatkan mata secara periodik dengan tidak menatap layar komputer selama beberapa saat. Bisa juga dengan keluar dari ruang komputer sobat, lalu lihat benda yang berada dikejauhan atau lihatlah tanaman yang berwarna hijau.
-          Posisi monitor
Monitor Harus sejajar dengan mata, Atur tinggi monitor hingga berada sedikit dibawah mata, monitor yang terlalu tinggi atau rendah akan menyebabkan nyeri pada leher dan pundak, Atur posisi sehingga jarak sobat dan monitor berkisar 50 cm, jangan terlalu dekat dan jangan terlalu jauh, menJaga agar kondisi layar monitor tetap bersih dari debu.
-          Mengurangi Kecerahan pada layar
-          Posisi Mouse dan Keyboard yang Mudah Dijangkau
-          Posisi Mouse dan Keyboard yang Mudah Dijangkau




7. Hal-hal yang harus di perhatikan oleh seorang programer dalam membuat software khusus.
Pemilihan Bahasa pemrograman yang sesuai kebutuhan merupakan sesuatu yang penting dilakukan diawal dalam tahapan Analisa kebutuhan pembuatan software. beberapa pertimbanganya adalah sebagai berikut : 
- Apakah software tersebut harus dapat diakses oleh siapa saja dan dimana saja.
- Berapakah Jumlah transaksi per berapa menitnya untuk software tersebut.
- Apakah system tersebut berinteraksi dengan banyak user / ban
- Apakah ada sistem otomatisasi seperti tugas yang selalu berjalan setiap jamnya.
- Apakah pelanggan mau berinvestasi untuk menggunakan software lisensi seperti Oracle / Microsoft untuk Database Systemnya.
 - Sekurity Sistemnya harus mutakhir dalam artian harus tangguh
- User Interface yang bagus dan mudah untuk digunakan.
- Desain tampilan yang baik - urutan / flow program yang benar
- Kesesuaian dengan Kebutuhan
- Sistem software bukanlah input data - output data.
- Desain sistem yang modular yang terintegrasi.
- Multi User Multi Privillege
Fleksibilitas pengaturan dari masing masing pengguna dengan hak hak aksesnya merupakan sesuatu yang harus diperhatikan dalam software yang baik.
8. Hal-hal yang perlu di perhatikan perangkat output yang baik adalah sebagai berikut:
- Kondisi lingkungan, faktor keselamatan kerja, dan variasi dalam tugas dan hubungannya dengan pekerjaan yang lain harus dipertimbangkan saat memilih perangkat output

- Perlu diperhatikan karakteristik pengguna, karena pengguna dapat bervariasi dalam pengetahuan, keterampilan, kemampuan, pengalaman, kebudayaan, dan gender.

- Perlu disesuaikan antara teknologi, pengguna, kerja yang diinginkan, dan lingkungan kerja

- Cocok dengan karakteristik pengguna, keahlian, dan training yang pernah dilakukan

9. Pengenalan ucapan (speech recognition), merupakan salah satu bentuk dari kecerdasan buatan yang berarti kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah. Jadi, dengan fitur pengenalan ucapan, sebuah sistem komputer dapat menerjemahkan perkataan yang diucapkan oleh manusia menjadi perintah program.
10. Piranti input adalah segala instrumen, peralatan dan mekanisme yang dapat digunakan untuk memasukkan informasi ke dalam computer Penelitian IMK bertujuan untuk membuat suatu piranti input yang dapat memaksimalkan sifat-sifat fisik dan karakteristik kognitif manusia, sehingga meningkatkan efisiensi, reabilitas, dan kenyamanan system. Input merupakan alat yang digunakan untuk menerima masukan yang dapat berupa masukan data maupun program.Dalam kenyataan terdapat banyak perangkat input yang bisa digunakan dalam interaksi manusia dengan perangkat lunak yang akan dipakai.Beberapa perngkat input yang umum digunakan antara lain Contoh : Keyboard, pointing devices, scanner, sensor, dan voice recognizer, web cam, dll
1). Keyboard  
Sebagai salah satu perangkat input terpopuler, keyboard bekerja dengan jalan mengirimkan koneksi tiap tuts menjadi sebuah kode yang nantinya akan diterjemahkan sesuai dengan karekter yang diinginkan. Alat input yang paling umum digunakan, input dimasukkan ke alat proses dengan cara mengetikan lewat penekanan tombol yang ada di keyboard.
2). Ponting Device     
Untuk pembuatan grafik, memilih icon dilayar, shooting pd games, dll, penggunaan keyboard tidak praktis.Oleh karena itu sebagai pengganti dapat menggunakan alat pointing device akan lebih mudah digunakan.        
Contoh : Mouse, touch screen, light pen, dll 
a. Mouse         
Mouse adalah pointing device yang digunakan untuk mengarahkan posisi cursor dilayar, mouse mengikuti gerakan tangan manusia.Mouse merupakan perangkat input jenis ponting yang paling banyak digunakn saat ini.Pada awalnya diciptakan oleh Douglas.C Engelbart pada tahun 1964.dengan konsep pemetaan koordinat XY dari arah gerak mouse ke suatu pergerakan kursor dilayar.Saat ini terdapat dua jenis mouse yang paling dikenal yaitu mouse jenis mekanik (yang mengandalkan sensor dari trackball)dan mouse jenis optic (yang mengandalkan sensor dari LED).           
Teknologi terbaru : track balls, wireless mouse, touch pad.   
b. Touch Screen & Light pen 
Touch screen (layar sentuh) adalah layar monitor yang akan mengaktifkan program bila layarnya disentuh dengan tangan, (menggantikan mouse / keyboard).   
c. Light pen    
Light pen adalah menyentuh layar monitor dengan pena khusus menggunakan light sensitive (photo electric).     
3). Scanner     
Memasukan input (image, benda) dengan cara meraba secara elektronik.Cara kerjanya adalah dengan cara melakukan proses pengenalan objek yang diinputkan dengan sinar yang dipantulkan.Cara kerja sama dengan mesin fotocopy.           
Contoh : Image Scanner, Barcode reader, OMR dll 
a. OMR          
Optical MARK Recognizion (OMR) adalah biasanya digunakan untuk penilaian test masuk scoring, yang membaca kertas yang telah diisi dengan pensil 2B        
4). Multifunction Input devices         
Beberapa alat masukan mempunyai fungsi ganda, yaitu sebagai alat masukan dan sekaligus sebagai alat keluaran (output) untuk menampilkan hasil.    
Contoh : Modem, Ethernet, ATM, PDA, kamera digital dll.

11. Menurut saya Ergonomi dalam interaksi manusia dan komputer meruapkan suatu aspek yang berhubungen dengan lingkungan kerja yang melibatkan suatu kenyamanan dalam berinteraksi dengan komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar