Rabu, 07 Maret 2018

Makalah Interaksi Manusia dan Komputer


logo-amik.gif

AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER [AMIK] TRI DHARMA PALU

MAKALAH
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

Disusun Oleh:
KELOMPOK I



Ø  Oki Darmawan

Ø  Neneng Putri

Ø  Fazal





PEMBIMBING:
ACO LELE, S.Kom.,MM









PROGRAM DIPLOMA III (D-3)
PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA
DAN TEKNIK INFORMATIKA
AMIK TRI DHARMA PALU
2018






KATA PENGANTAR
Puji  dan  syukur  penulis  panjatkan  kehadirat  Tuhan Yang Maha Esa. Karena dengan ridho-Nyalah sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini. Adapun materi yang akan dibahas dalam makalah ini adalah “Interaksi Manusia dan Komputer”.  Penulis mengucapkan terima kasih terhadap semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan makalah ini. Terutama kepada Bpk. Aco Lele, S.Kom.,MM selaku Dosen Pembimbing  mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer.
Penulis menyadari bahwa dalam menyusun makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, penulis mengharapkan sumbang saran dan kritik dari pembaca agar nantinya makalah ini dapat mengenai proses perbaikan yang lebih baik lagi.
Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Demikian halnya dengan penulis yang telah mendapat pengetahuan dalam menyusun makalah ini.

Palu, 07 Maret 2018

Penulis



DAFTAR ISI

HALAMAN
KATA PENGANTAR                                                                                                           i
DAFTAR ISI                                                                                                                           ii
BAB I PENDAHULUAN
Latar Belakang                                                                                                                       1
1.1  Rumusan Masalah                                                                                                            1
1.2  Tujuan                                                                                                                               1
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Interaksi Manusia dan Komputer                                                               2
2.2 Ruang Lingkup Interaksi Manusia Dan komputer                                                       4
2.3 Antarmuka Manusia dan Komputer                                                                              5
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan                                                                                                                        9
3.2 Saran                                                                                                                                  9
DAFTAR PUSTAKA                                                                                                            10






BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang Masalah
Interaksi manusia dan komputer adalah sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang bertopengkan sebuah antarmuka (interface). atau Interaksi Manusia Komputer merupakan sekumpulan proses, dialog dan kegiatan yang memanfaatkan interaksi dengan komputer. Interaksi Manusia dan Komputer merupakan  suatu disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain, evaluasi, dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena-fenomena di sekitar manusia itu sendiri. Prinsip kerja komputer = input proses output.     
Kepada komputer diberikan data yang umumnya berupa deretan angka dan huruf. Kemudian diolah didalam komputer yang menjadi keluaran sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia. Yang kemudian hasil inputan ini akan berubah bentuk menjadi informasi atau data yang seperti diharapkan manusia dengan tertampilnya informasi baru tersebut pada layar monitor atau bahkan mesin pencetak (printer).

1.2  Rumusan Masalah
a.       Pengertian dan ruang lingkup interaksi manusia dan komputer
b.      Antarmuka/interface manusia dan komputer
c.       Bidang studi yang berperan dalam interaksi manusia dan komputer

1.3  Tujuan
a.       Tujuan Intruksional Umum
Kita dapat menguasai konsep-konsep interaksi manusia dan komputer dengan baik, sehingga dapat mengimplementasikannya dalam mendesain software sesuai dengan prinsip-prinsip User Centered Design
b.      Tujuan Instruksional Khusus
Kita dapat mengerti dan mampu menjelaskan tentang pengertian dan ruang lingkup manusia dan komputer, antarmuka manusia dan komputer, serta bidang studi yang berperan dalam interaksi manusia dan komputer.



BAB II
PEMBAHASAN
2.1  Pengertian Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Merupakan hubungan yang terjadi atau terbentuk antara user dan komputer (dalam bidang teknologi) melalui unit masukan dan keluaran interface. Interaksi membantu manusia, apa yang terjadi antara user dan sistem komputer. Sistem interaksi menerjemahkan antara apa yang diinginkan oleh user terhadap sistem yang ada. Hubungan antara user dan komputer dijembatani oleh antarmuka pengguna (user interface). Manusia Merupakan pengguna yang memakai komputer (user), dimana setiap user memiliki perbedaan karakteristik sesuai dengan kebutuhan & kemampuan dalam menggunakan komputer.
Manusia dipandang sebagai sistem yang memproses informasi, yang bisa dijelaskan sebagai berikut :
a. Informasi diterima dan ditanggapi dengan proses masukan-keluaran ( IO)
b. Informasi disimpan didalam ingatan (memory)
c. Informasi diproses dan diaplikasikan dengan berbagai cara.
Proses pemasukan dan pengeluaran yang terjadi pada manusia merupakan suatu vision (pandangan), dan alat fisik yang digunakan untuk hal tersebut adalah mata. Komputer Perangkat elektronik yang dapat digunakan untuk mengolah data dengan perantaraan sebuah program yang mampu memberikan informasi dan hasil dari pengolahan tersebut.
Komputer dan peralatan lannya harus dirancang dengan pemahaman terhadap tujuan atau tugas khusus sesuai dengan karakteristik penggunanya. Agar dapat terpenuhi, perancang sistem perlu mengetahui bagaimana berfikir dalam lingkup tugas user yang sesungguhnya dan menerjemahkannya kedalam sistem.          
Komputer digital dibangun dari tahun 1700-an dan 1800’an. Akan tetapi baru menjadi sebuah teknologi pada tahun 1940-an dan 1950-an. Berikut ini sejarah perkembangan interaksi manusia dan komputer :
Ø  Tahun 50an – Antarmuka pada level hardware untuk teknik (ex. switch panel)
Di tahun ini, mesin ini sangat sulit dipakai dan tidak praktis. Disebabkan karena komputer merupakan mesin yang sangat mahal dan besar, hanya dipakai di kalangan tertentu, misalnya para ilmuwan /ahli-ahli teknik.
Ø  Tahun 60-70an – Antarmuka pada level pemrograman (ex. COBOL, FORTRAN)
Dengan perkembangan penggunaan teknologi ini secara cepat dan mengagumkan ke berbagai penjuru kehidupan (pendidikan, perdagangan, pertahanan, perusahaan, dan sebagainya). Kemajuan-kemajuan teknologi tersebut mempengaruhi juga rancangan sistem. Sistem rancangan dituntut harus bisa memenuhi kebutuhan pemakai, sistem harus mempunyai kecocokan dengan kebutuhan pemakai atau suatu sistem yang dirancang harus berorientasi kepada pemakai. Pada awal tahun 70-an ini, juga mulai muncul isu teknik antarmuka pemakai (user interface) yang diketahui sebagai Man-Machine Interaction (MMI) atau Interaksi Manusia-Mesin.
Ø  Tahun 70-90an – Antarmuka pada level instruksi Para peneliti akademis mengatakan suatu rancangan sistem yang berorientasi kepada pemakai, yang memperhatikan kapabilitas dan kelemahan pemakai ataupun sistem (komputer) akan memberi kontribusi kepada interaksi manusia-komputer yang lebih baik. Maka pada pertengahan tahun 80-an diperkenalkan istilah Human-Computer Interaction (HCI) atau Interaksi Manusia-Komputer.
Ø  Tahun 80an – Antarmuka pada level dialog interaksi (ex. GUI, Multimedia).
Ø  Tahun 90an – Antarmuka pada level lingkungan kerja (ex. Sistem Network, Groupware).
Ø  Tahun 00an – Antarmuka berkembang dengan luas (ex. mobile device, interactive screen ).

Tujuan Intraksi Manusia dan Komputer yaitu:
Ø  Menghasilkan sistem yang beramanfaat (Usable)
Sistem yang dibuat memiliki manfaat dan mudah dioperasikan baik user individu atau berkelompok;
Ø  Fungsionalitas
Fungsi-fungsi yang ada di dalam sistem yang dibuat sesuai dengan perencanaan dan kebutuhan user;
Ø  Keamanan
Semakin Meningkat teknologi informasi, maka faktor kemanan ini sangat penting untuk ditambahkan dalam sistem yang akan dibuat;
Ø  Efektifitas dan Efisiensi
Efektifitas dan efisiensi snagat berpengaruh pada produktifitas kerja dari penggunanya.
Pentingnya Interaksi Manusia dan Komputer dalam berbagai bidang:
1.         Bidang Pasaran
·         Komputer (peralatan) yang seharusnya mudah digunakan
·         Sistem harus mempunyai desain yang menarik
·         Latihan Yang Minimum
·         Meliputi berbagai pengguna
·         Pengguna akan beralih ke produk lain apabila suatu produk sulit digunakan
2.         Bidang Kemanusiaan
·         Manusia memiliki kelemahan
·         Kesilapan/ralat yang mengakibatkan kehilangan waktu, uang, semangat bahkan nyawa bagi yang melibatkan sistem kritikal
3.         Bidang Sosial
·         Sebagai Media Pembelajaran
·         Memberikan nasehat ahli berdasarkan informasi/sejarah
·         Mengontrol lalulintas dan lintasan udara
·         Mengontrol kilang kimia/nuklir
·         Mengontrol misi angkasa luar
·         Dan lain-lain
2.2 Ruang Lingkup Interaksi Manusia Dan komputer
Interaksi manusia dan komputer memiliki 3 komponen yang sangat mendukung dan saling berkaitan satu sama lain yaitu:
Ø  Manusia
Manusia merupakan pengguna yang memakai komputer (user), dimana setiap user memiliki perbedaan karakteristik sesuai dengan kebutuhan & kemampuan dalam menggunakan komputer;
Ø  Komputer
Komputeryaitu perangkat elektronik yang dapat digunakan untuk mengolah data dengan perantaraan sebuah program yang mampu memberikan informasi dan hasil dari pengolahan tersebut
Ø  Interaksi
Interaksi merupakan hubungan yang terjadi atau terbentuk antara user dan komputer (dalam bidang teknologi)melalui unit masukan dan keluaran interface. Sistem interaksi menerjemahkan antara apa yang diinginkan oleh user terhadap sistem yang ada. Hubungan antara user dan komputer dijembatani oleh antarmuka pengguna (user interface).
2.3 Antarmuka Manusia dan Komputer
Perancangan alat fisik interaksi antarmuka komputer sering diuji, sehingga memungkinkan pertukaran informasi. Beberapa aspek yang menjadi fokus dalam perancangan sebuah antarmuka adalah : Metodologi dan proses yang digunakan dalam perancangan sebuah antarmuka. Metode implementasi antarmuka. Metode evaluasi dan perbandingan antarmuka, Pengembangan antarmuka baru. Mengembangkan sebuah deskripsi dan prediksi atau teori dari sebuah antarmuka baru.
Contoh dalam interaksi manusia dengan komputer terdapat beberapa panca indera digunakan untuk dapat berinteraksi. Manusia mewujudkan fisiologi yang diperlukan untuk menyerap informasi dalam bentuk suara. Sama seperti mata dapat melihat berbagai variasi cahaya - rona, brightness, kontras - telinga mampu penginderaan array yang luas dari suara melalui perubahan timbre, kenyaringan, dan pitch. Pikiran kemudian dapat mengasosiasikan suara ini dengan peristiwa, objek, atau gagasan abstrak. Paling sering, suara-sebagai-informasi ada sebagai pidato atau musik, dan memang ini akan terus di internet. Audio konten juga umumnya dihasilkan oleh mesin untuk menyampaikan informasi, dan penggunaan ini juga akan terus di Internet.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat antarmuka/interface yaitu:
1.      Userfriedly (ramah dengan pengguna)
Ramah dengan pengguna maksudnya antarmuka yang bagus, mudah dioperasikan, mudah dipelajari, dan pengguna merasa nyaman menggunakan interface tersebut;
2.      Berkualitas tinggi yang dikagumi oleh orang-orang,beredar luas dan sering ditiru.

Pentingnya perancangan antarmuka pengguna yang baik, karena:
1.      Mengurangi biaya penulisan program
Dalam pemrograman antarmuka, pengguna grafis, rata-rata 70% penulisan program berkaitan dengan antarmuka;
2.      Mempermudah penjualan produk
Suatu produk pertamakali yang dilihat adalah tampilannya, maka akan menarik minat orang lain untuk menggunakannyal;
3.      Meningkatkan kegunaan komputer pada organisasi
Dengan antarmuka yang menarik, biasanya pengguna akan tertarik untuk menggunakan suatu aplikasi komputer.
Dampak antarmuka pengguna yang baik yaitu:
·         Peningkatan produktifisas
·         Mengurangi biaya pelatihan pegawai
·         Mencegah pengambialihan pegawai
·         Kepuasan pengguna
·         Produksi hasil dengan kualitas yang lebih baik
Dampak antarmuka yang kurang baik yaitu:
·         Perkembangan teknologi yang sangat cepat
·         Kurangnya pendidikan atau pelatihan yang berkaitan dengan perancangan antarmuka
·         Penyebaran pengetahuan yang diperlukan untuk merancang antarmuka pengguna yang baik
·         Koordinasi yang kurang baikdalam pengembangan aplikasi
Strategi pengembangan antarmuka perlu mmemperhatikan hal-hal berikut:
·         Pengetahuan tentang mekanisme fungsi manusia sebagai pengguna komputer
·         Berbagai informasi yang berhubungan dengan karakteristik dialog
·         Penggunaan prototipe yangdidasarkan pada spesifikasi dialog formal yang disusun secara bersama-sama antara calon pengguna danperancang sistem
·         Teknik evaluasi yang digunakan untuk mengevaluasi hasil prototipe yang telah dilakukan 

2.4     Bidang Studi yang berperan dalam Interaksi Manusia Dan komputer
Tujuan utama disusunnya berbagai cara interaksi manusia & komputer :      
untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer. Para perancang antarmuka manusia dan komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya dapat bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya (user friendly).
Untuk membuat antarmuka yang baik dibutuhkan pemahaman beberapa bidang ilmu, antara lain :
1. Teknik elektronika & ilmu komputer
Memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCI     
2.Psikologi
Memahami sifat & kebiasaan, persepsi & pengolahan kognitif, ketrampilan motorik pengguna
3. Perancangan grafis dan tipografi   
Sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog cukup efektif antara manusia & komputer   
4. Ergonomik 
Berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman, misal : bentuk meja & kursi kerja, layar tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan lampu, kebersihan tempat kerja 
5. Antropologi
Ilmu pengetahuan tentang manusia, memberi suatu pandangan tentang cara kerja berkelompok yang masing – masing anggotanya dapat memberikan konstribusi sesuai dengan bidangnya
6. Linguistik   
Merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialog diperlukan sarana komunikasi yang memadai berupa suatu bahasa khusus, misal bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah       
7. Sosiologi    
Studi tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanya PHK karena adanya otomasi kantor.
8. Rekayasa Perangkat Lunak
Faktor ini yang bisa menciptakan suatu program yang efektif,efisien dan userfriendly
9. kecerdasan buatan
Bagian ilmu komputer yuang bertujuan agar komputer dapat melakukan pekerjaan sebaik yang dilakukan manusia. Faktor ini berperan penting untuk menciptakan suatu sistem yang handal, canggih dan menyerupai pola pikir manusia.
10. multimedia (graphic design)
Multi media digunakan sebagai sarana dialog yang sangat efektif antara manusia dn komputer. Dengan adanya multimedia ini, tampilan suatu sistem yang dibuat akan lebih menarik dan lebih mudah dimengerti oleh manusi.




BAB III
PENUTUP
3.1  Kesimpulan
Untuk menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable) dan aman (safe), artinya sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik. Sistem tersebut bisa untuk mengembangkan dan meningkatkan keamanan (safety), utilitas (utility), ketergunaan (usability), efektifitas (efectiveness) dan efisiensinya (eficiency). Sistem yang dimaksud konteksnya tidak hanya pada perangkat keras dan perangkat lunak, tetapi juga mencakup lingkungan secara keseluruhan, baik itu lingkungan organisasi masyarakat kerja atau lingkungan keluarga. Sedangkan Ketergunaan (usability) disini dimaksudkan bahwa sistem yang dibuat tersebut mudah digunakan dan mudah dipelajari baik secara individu ataupun kelompok. Utilitas mengacu kepada fungsionalitas sistem atau sistem tersebut dapat meningkatkan efektifitas dan efesiensi kerjanya.

3.2 Saran
Teknologi saat ini sudah banyak berkembang dan semakin cepat perkembangannya.
Untuk kemajuan teknologi komputer maka diharapkan agar perkembangan komputer kedepan mampu mengubah polapikir dan menjadikan masyarakat Indonesia menjadi manusia yang kreatif dan inovatif. Serta tumbuhnya kratifitas hingga menghasilkan suatu karya yang berguna bagi manusia. Diharapkan dengan adanya Interaksi manusia dan komputer dapat dimanfaatkan sesuai dengan kegunaannya.

Kemajuan komputer dimasa mendatang diharapkan dapat membantu semua jenis pekerjaan manusia sehingga mereka mampu menyelesaikan pekerjaan mereka dengan cepat karena dimasa depan teknologi akan semakin canggih dan semua pekerjaan dikerjakan dengan system komputerisasi




DAFTAR PUSTAKA








Tidak ada komentar:

Posting Komentar