
AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN
KOMPUTER (AMIK) TRI DHARMA PALU
PENGENALAN HCI
DAN FAKTOR MANUSIA
NAMA
:
Oki Darmawan
STAMBUK
: 2016 2
014
BLOG
: okidarmawan23101995.blogspot.co.id
PEMBIMBING
:
ACO
LELE, S.Kom., M.M
PROGRAM
DIPLOMA III (D3)
PROGRAM
STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA
JURUSAN
MANAJEMEN INFORMATIKA
(AMIK)
TRI DHARMA PALU
SULAWESI
TENGAH
BAB
1 : PENDAHULUAN PENGENALAN HCI
BAHAN
DISKUSI
1.
Apa yang dibutuhkan agar interaksi manusia dan komputer dapat berjalan dengan
baik?
Jawab
: Interaksi manusia dan komputer akan berjalan baik apabila di dukung dengan
peralatan yang memadai. Seperti dalam mendesai interface seharusnya tidak hanya
dapat dilihat, disentuh atau di dengar, tetapi juga mencakup konsep, kebutuhan
user untuk mengetahui system computer dan harus di buat terintegrasi ke seluruh
system.
2.
Dan berikan contoh akibat buruknya
perancangan suatu interface !
Jawab
: Ketika pilihan “save” dan “delete” diklasifikasikan sebagai “oprasi file” dan
berada dalam suatu kelompok yang sama. Jika user kurang teliti atau tidak
sengaja memilih “delete” pdahal yang di maksud adalah “save”, maka akibatnya bisa
di tebak. Itulah akibat buruknya perancangan interface yang menyebabkan
kerugian si user.
BAB
2 : FAKTOR MANUSIA
BAHAN
DISKUSI
1.
Jelaskan yang dimaksud dengan :
-
Skill acquisition
-
Pola perilaku kasual
-
Psikologi & desain sistem interaktif
Jawab :
-
Skill acquisition Manusia dapat memperoleh keahlian dari bidang
tertentu secara bertahap. Kita dapat memahami bagaimana keahlian didapatkan dan
bekerja dengan melihat perbedaan antara perilaku seorang awan dan ahli.
-
Pola perilaku kasual Merupakan suatu kebiasaan
diri dalam bergaya hidup sederhana.
-
Psikologi & desain sistem interaktif
adalah Cara kita mengaplikasikan apa yang telah kita pelajari untuk mendesain
system interaktif dengan cara menyajikan informasi detail dalam warna biru
karena biru sulit untuk diterima oleh user. Pada kebanyakan kasus
pengimplementasiannya tidak mudah. Dalam mendesain system yamg interaktif kita
tidak bisa sembarangan, tetapi harus juga melihat dari ilmu psikologi karena
berhubungan dengan prilaku manusia.
2.
Bagaimana pendapat anda mengenai warna dalam interaksi manusia dan komputer? Jelaskan!
Jawab
: Menurut saya warna merupakan salah satu faktor penting dalam interaksi
manusia dan komputer karena warna dapat menjadi salah satu konteks yang
berpengaruh pada kontak vision atau pandangan untuk membuat suatu interface
yang baik dan lebih menarik.
3. Mengapa
manusia begitu penting dalam interaksi
manusia dan komputer?
Jawab
: Karena manusia berperan dalam menciptakan sistem yang dapat mengolah data
menjadi suatu informasi yang dapat disampaikan dan sebagai alat bantu pengambil
keputusan. Dengan terbentuknya sistem maka dalam mengatur suatu hubungan
itu menjadi lebih mudah. Manusia adalah pemahaman bagaimana suatu komputer itu
dapat bekerja sehingga saling berinteraksi dalam dunia yang berbeda.
Manusia dalam IMK dipandang sebagai sistem pemroses
informasi :
·
Informasi diterima dan ditanggapi
melalui saluran i-o (indera).
·
Informasi disimpan dalam ingatan
(memori).
·
Informasi diproses dan diaplikasikan
dalam berbagai cara. Ide dasarnya adalah bahwa informasi masuk dan keluar dari
pikiran manusia melalui sederet langkah proses yang urut
4.
Apa yang
dimaksud dengan Model Human
Processor menurut Card, Moran & Newell?
Jawab
: Dari Card, Moran, dan Newell (1980an)
menganggap manusia sebagai sistem pemrosesan informasi : memperkirakan kinerja
sebuah model prosedural : user belajar untuk mempergunakan produk dengan
membuat aturan dalam penggunaannya dan 'menjalankan' model mental ketika
berinteraksi dengan sistem.
Komponen MHP:
·
kumpulan memori dan pemrosesan bersama
·
kumpulan Prinsip Operasi
·
model diskrit dan berurutan
·
setiap tahapan mempunyai karakteristik
waktu (tambahkan waktu tiap tahapan untuk memperoleh total waktu kerja)
Pada tahun 1983, Card, Moran dan Newell
membuat Model Human Processor, terdiri dari 3 sub sistem, yaitu :
Sistem
Persepsi : menangani
sensor dari luar
Sistem
Motor :
mengontrol aksi/respon
Sistem
Kognitif : memproses hubungan
keduanya.
Masing-masing sub sistem ini mempunyai
memori dan prosesor yang berbeda-beda, begitu pula dalam hal kompleksitasnya.
5.
Dalam
perancangan antarmuka pemakai, apa yang dapat kita lakukan untuk mengakomodasi expert frequent user?
Jawab : a. Ahli dan tahu secara detil kegunaan
software.
b. Membutuhkan respon
cepat.
c. Memerlukan perintah
makro.
d. Menu dibuat rungkas
dan cepat.
DAFTAR
PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar